Bahasa Pemrograman yang Digunakan untuk Mobile



Bahasa Pemrograman yang Digunakan untuk Mobile

Al Maz Bos - Jika anda ingin membuat sebuah aplikasi mobile, anda wajib tahu bahasa pemrograman apa yang akan digunakan untuk membuatnya. Ternyata ada berbagai macam bahasa program yang bisa anda pilih, dan sesuai tipe mobile-nya baik itu android maupun iOS dan lainnya. Berikut adalah bahasa program yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi mobile.


Android

Pemrogramman unyk Android

Kotlin

Kotlin adalah bahasa yang dirangkai dan dikembangkan oleh JetBrains, sebuah perusahaan asal Ceko yang mengembangkan berbagai macam ide-ide populer seperti PyCharm, IntelliJ IDEA, PhpStorm, RubyMine, dan lainnya. Bahkan Android Studio yang digunakan para programmer android professional merupakan ide yang telah dikembangkan oleh IDEA.

Kotlin juga dikembangkan untuk mengatasi kekurangan-kekurangan yang dimiliki Java. Selain itu, salah satu fitur terpenting dari kotlin ini, merupakan bahasa yang dapat dipakai secara bersamaan dengan bahasa Java dalam satu aplikasi yang sama.


Java

Java adalah bahasa pemrograman yang populer saat pertengahan tahun 2017. Jika anda ingin membuat suatu aplikasi android, Java adalah jawaban terbaiknya. Selain itu banyak para penggemar bahasa yang satu ini, yang menyebabkan banyak forum-forum atau grup di media sosial yang membahasnya. Menurut survei Java memiliki penggemar terbesar setelah PHP.

Untuk anda yang tertarik untuk mempelajari bahasa program ini, anda juga bisa mempelajarinya di forum-forum atau grup tersebut, dan jika mengalami kesulitan anda dapat bertanya disana.


iOS

Pemrogramman untuk iOS

Swift

Jika anda ingin merangkai dan mengembangkan aplikasi untuk iOS, sistem operasi iPhone dan juga iPad, maka Swift merupakan bahasa yang patut anda pilih. Swift diperkenalkan sekitar tahun 2014 dan dirilis source code-nya pada tahun 2015. Swift sangat populer diantara para developer iOS salah satunya untuk startup.

Apple telah menambahkan beragam fitur keren pada bahasa ini, misalnya sintaks yang sederhana, tentu dapat memberitahu programmer dimana bagian yang error terjadi, dan lainnya. Apple telah bekerja kera untuk mempromosikan swift yang menunjukkan bahwa mereka ingin bahasa ini menjadi bahasa utama bagi iOS.


Objective-C

Sebelum munculnya Swift, Objective-C adalah bahasa yang dipakai untuk iOS. Meskipun Swift hampir mengambil alih sebagaian besar bahasa utama pemrogramaan pada iOS, akan tetapi masih banyak proyek iOS yang bertergantungan pada bahasa Objective-C. Karena itulah transisi dari Objective-C terhadap Swift akan berlangsung sedikit lambat dan anda mungkin akan butuh kedua bahasa tersebut untuk merangkai sebuah aplikasi.


Cross-Platform

Cross-Platform

JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript sangat populer dikalangan para web developer, bahasa ini dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web. Kode JavaScript juga dapat disisipkan dalam halaman web dengan menggunakan tag "Script".

JavaScript pertama kali dikembangkan oleh seseorang yang bernama Brendan Eich dari Netscape di bawah nama Mocha, kemudian nantinya nama tersebut akan diganti menjadi LiveScript, dan pada akhirnya menjadi JavaScript. Bahasa pemrograman ini juga dapat kita gunakan untuk membuat aplikasi mobile. Ionic 2 dan React Native adalah framework JavaScript yang paling populer untuk membuat aplikasi mobile. Dengan menggunakan salah satu framework ini akan memperbolehkan kita mempublikasikan aplikasi yang berjalan di iOS dan Android dari satu sumber.


TypeScript

TypeScript adalah bahasa pemrograman open source yang dikembangkan dan dikelola oleh Microsoft. Bahasa ini adalah superset dari JavaScript dan menawarkan keamanan yang lebih tinggi melalui opsi static typing. TypeScript memberikan dukungan lebih untuk membuat aplikasi berskala besar dan dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi JavaScript yang nantinya untuk mengeksekusi sisi klien atau server-side ( Node.js ).


C

C adalah bahasa pemrogramman yang dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories.

Meski C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan pada komputer akan tetapi bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan aplikasi mobile dengan android NDK (Native Development Kit). C juga sering dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer. Selain itu, juga terdapat beberepa compiler sangat populer yang telah tersedia. C secara luar biasa mempengaruhi bahasa populer lainnya, terutama C++ yang merupakan extensi dari C.


C# (C Sharp)

C# (C sharp) adalah bahasa pemrograman untuk Windows Mobile yang berorientasi objek dan dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .NET Framework. Sintaksnya C# mirip dengan C++ dan Java. Microsoft juga mengadopsi beberapa fitur Java untuk menyederhanakan arsitektur C# sekaligus menjaga desain agar tetap mirip dengan C++. C# juga memiliki banyak penggemar atau komunitas cukup besar dan aktif yang membahsanya.


C++

C++ adalah sebuah bahasa pemrograman yang di buat oleh Bjarne Stroustrup. Bahasa ini merupakan perkembangan dari bahasa C yang menambahkan fitur high-level serta dukungan untuk pemrograman berorientasi objek. C++ juga menjadi bahasa populer dikalangan para developer Android NDK serta bahasa yang digunakani untuk mengembangkan aplikasi Tizen dan Windows Mobile.


Python

Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan perancangan yang terfokus pada tingkat keterbacaan kode tersebut. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan antara kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas serta dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar dan komprehensif.

Python Juga merupakan bahasa yang sangat populer, karena selain mudah untuk dipelajari juga memungkinkan kita untuk membuat dan mengembangkan aplikasi mobile.


Ruby

Ruby adalah suatu bahasa pemrograman dinamis yang berorientasi obyek. Tujuan ruby adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa pemrograman skrip yang ada di seluruh dunia. Ruby ditulis dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar seperti layaknya Perl dan Python.

Bahsa ini juga dapat dugunakan dalam pemembuat aplikasi mobile. Framework Ruby yang sangat di rekomendasikan untuk membuat aplikasi mobile yang native serta cross platform adalah RubyMotion.

Nah, itulah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mobile yang wajib anda ketahui jika ingin membuat aplikasi mobile. Anda dapat memilih untuk membuat aplikasi yang berbasis Android, iOS dan lainnya. Jika ada pertanyaan anda dapat bertanya dikolom komentar, jangan lupa share ke teman-teman anda yang satu bakat..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar