Pertolongan Pertama untuk Smartphone yang Mati Total


Pertolongan Pertama untuk Smartphone yang Mati Total

Al Maz Bos - Sudah hal yang wajar jika mengalami berbagai macam masalah pada smartphone kesayangan anda, meskipun smartphone yang digunakan mahal, akan tetapi tidak ada teknologi yang secantik dan semulus ciptaan tuhan, baik itu komputer maupun android. Salah satu kasusnya yakni smartphone mati total.

Untuk orang awam pasti banyak yang kebingungan ketika smartphonenya mati total. Karena itu lakukanlah 7 pertolongan pertama ini apabila kamu mengalami kendala seperti itu. Simak selengkapnya...

1. Periksa Charger

Periksa Charger Rusak

Sering sekali kejadian smartphone yang mati total akibat charger yang rusak. Ketika ponsel anda lowbat parah, jelas ponsel itu akan mati. Kemudian, anda charger dan ditinggalkan begitu saja, pedahal sebenarnya charger itu tidak tercolok dengan baik.

Selain itu, anda juga harus memeriksa kondisi charger secara benar. Terkadang, bukan gawai anda yang rusak, akan tetepi chargernya. Coba terlebih dahuulu anda perhatikan apakah baterai benar-benar terisi, jika tidak coba anda cari charger lainnya, cari yang nilai ampera charger tersebut lebih besar atau sebanding.

2. Layar Mati Tapi Smartphone Hidup

Layar Mati Tapi Smartphone Hidup

Nah, Pada poin ini adalah kemungkinan lainnya yang bisa terjadi pada smartphone kesayangan anda. Banyaknya hal seperti ini terjadi, belum lagi kamu akan kebingungan kenapa ponsel tak bisa dihidupkan, padahal beberapa saat sebelumnya baik-baik saja.

Jika demikian, anda bisa mencoba untuk menekan tombol power yang lama untuk dipaksa mematikan, lalu kemudian nyalakan kembali. Cara untuk memastikannya anda bisa mengetahuinya dari getaran yang timbul atau suara pembuka saat smartphone baru dinyalakan. Jika bisa, anda harus segera membanya ke tukang servis untuk diperbaiki layarnya.

3. Apakah Terjatuh atau Kena Air?

Smartphone Jatuh atau Kena Air

Apakah anda diantara manusia belahan dunia yang sering mengalami atau merasakan seperti pada poin ini? Ya, ini adalah alasan yang paling sering terjadi kenapa smartphone bisa mati total. Jika memang benar ponsel terjatuh atau kena air, mungkin terjadi masalah pada sisi hardware atau layarnya.

Khusus untuk terkena air, jangan memaksakan untuk menyalakan smartphone, tunggu saja beberapa waktu agar air dapat keluar dengan sempurna hingga kering total. Sebab, bisa saja air tersebut akan menyebabkan konslet dibagian inti ponsel.

4. Apakah Mengalami Masalah pada Software?

Masalah Hardware pada Smartphone

Biasanya, jika smartphone anda sering mengalami masalah software, maka anda akan sering terkena crash, restart sendiri, dan hal lainnya yang sangat menjengkelkan. Lalu apa yang harus dilakukan?

Sangat mudah, anda hanya perlu memperbaiki software dengan cara mengganti firmware. Anda dapat flash firmware baru ke ponsel anda. Atau, anda bisa melakukan reset factory untuk memperbaik masalah ini, mudah bukan?

5. Cek Kondisi Baterai

Baterai Kembung

Untuk cara yang dilakukan pada poin ini, hanya dapat dilakukan pada perangkat smartphone dengan sistem baterai removable atau bisa dilepas. Dengan begitu, anda dapat melihat baterainya, apakah baterai tersebut kembung atau tidak? Jika iya, anda dapat langsung membeli penggantinya.

Hal yang semacam ini memang jarang sekali terjadi. Sebab, butuh waktu sangat lama sampai keadaan baterai bisa menjadi seperti ini. Tapi, yang namanya teknologi terkadang suka tak terduga. Bisa saja tiba-tiba kondisi baterai anda kembung tanpa alasan yang pasti.

6. Periksa Kabel Charger atau USB

Kabel USB Rusak

Buat anda yang masa bodo atau plin-plan dengan barang sendiri, anda wajib melakukan poin yang satu ini. jika smartphone anda mati total, jangan langsung panik dulu. Apabila beberapa hal diatas sudah anda lakukan dengan benar dan tetap tidak ada solusi. Anda wajib memeriksa kabel USB atau kabel charger tersebut.

Mungkin saja, USB tersebut sudah mulai mengelupas akibat perawatan yang kurang baik, karena pemakaian yang sembarangan atau masa bodo. Coba anda ganti kabel tersebut dengan yang masih layak pakai. Dan lakukan perawatan yang baik kalau punya barang.

7. Lihat Screen Logo

Screen Logo

Jika smartphone anda mati namun masih bisa dinyalakan meskipun hanya terlihat logo saja, itu tandanya ponsel anda bootloop. Dengan kata lain, smartphone anda tidak bermasalah, cuma memang tidak bisa berjalan secara normal saja.

Untuk itu, anda dapat melakukan hal mudah yang bisa anda cari di google cara mengatasi bootloop. Jadi, kalau memang hal sperti ini terjadi, jangan kaget dan jangan norak ya, karena kan sudah ketahuan apa penyebab dan bagaimana solusinya.

Nah, itulah pertolongan pertama untuk smartphone yang mati total. Sekarang, anda sudah tahu bukan bagaimana cara menangani smartphone android yang tidak mau hidup? Share juga ke teman-temanmu agar mereka bisa mengatasi hal yang serupa.. Selamat mencoba..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »