Cara Setting IP Address di Mikrotik Secara Manual


Al Maz Bos - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara mudah setting IP Address pada mikrotik secara manual tanpa menggunakan aplikasi. Pada router pc biasanya memiliki 2 interface yang digunakan untuk komunikasi dengan jaringan LAN dan WAN.

Secara default biasanya masing-masing interface memiliki nama ether1 dan ether2, interface ether1 dari router mikrotik akan dihubungkan ke ISP, sebagai contoh dengan ip address ISP 12.12.12.3 (hubungkan kabel dari ISP ke ether1 ISP), sedangkan pada ether2 adalah interface yang dihubungkan ke swtich hub unmanaged untuk dibagi ke komputer user (jaringan lokal). Sebagai contoh ip address pada ether2 adalah 192.168.2.1/24


Memulai Konfigurasi

Login terlebih dahulu ke mikrotik anda, kemudian tampilkan interface menggunakan perintah "interface print", kemudian beri nama pada masing-masing interface.

Gunkan perintah berikut untuk konfigurasi pada ether1 tanpa tanda kutip :

"ip address add address=12.12.12.3/30 interface=ether1"

Sedangkan untuk konfigurasi pada ether2 gunkana perintah berikut, tanpa tanda kutip :

"ip address add address=192.168.2.1/24 interface=ether2"

Setelah keduanya sudah di konfigurasi, anda harus memeriksa hasil konfigurasinya kembali, untuk memastikan tidak ada kesalahan, gunakan perintah berikut untuk melakukannya, tanpa tanda kutip :

"ip address print"

Kemudian lihat hasilnya, apakah sudah sesuai dengan keinginan anda, jika belum kemungkinan terjadi kesalahan dalam mengkonfigurasinya, jika anda berniat untuk menghapusnya anda bisa mengikuti langkah berikut :

untuk menghapus konfigurasi pada ether1 kemungkinan berikut perintahnya, tanpa tanda kutip :

"ip address remove 0"

Sesuaikan dengan keinginan anda, intinya jika ingin menghapus yang pertama maka perintahnya 0, jika ingin menghapus yang kedua maka perintahnya 1, dan jika yang pertama di hapus maka secara otomatis yang kedua akan menempati posisi pertama.

Jangan lupa periksa kembali dengan printah "print"

 
Itulah cara mudah setting ip address di mikrotik secara manual, semoga bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman anda dan jangan lupa tinggalkan jejak anda di komentar... selamat mencoba!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »