Pengertian dan Fungsi Dasar Python

Pengertian dan Fungsi Dasar Bahasa Pemrograman Python

Al Maz BosPython merupakan bahasa pemrograman iterpretatif yang multiguna, berbeda dengan bahasa pemrograman pada umumnya. Dengan menggabungkan kemampuan, kapabilitas, dengan sintaksis kode yang jelas, serta menekankan pada keterbacaan kode untuk lebih mudah dipahami sintaksnya, python menjadi lebih mudah untuk dipelajari para pemula maupun programmer tingkat lanjut. Selain itu pythoh juga didukung oleh banyak komunitas yang besar.

Python pertamakali dirancang oleh Guido van Rossum pada tahun 1990 di Stichting Mathematisch Centrum, Amsterdam sebagai perkembangan dari bahasa pemrograman ABC. Sejak Pindah dari Guido ke BeOpen, python mengalami pengembangan dari versi 1.2 hingga saat ini sudah mencapai versi 3.6.3.

Bahasa Program ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai macam platform sistem operasi, saat ini python dapat berjalan pada platform sistem operasi Linux/Unix, Windows, Mac OS X, OS/2, Java Virtual Machine, Palm, Amiga dan Symbian.


Fungsi Dasar Pada Python


Ada berbagai macam fungsi yang bisa kita buat dengan bahasa pemrograman ini, namun pada kali ini kita hanya akan membuat fungsi dasar saja. Untuk membuat fungsi pada python, dibuat dengan fungsi "def" kemudian diikuti dengan nama fungsi dibelakangnya, dan juga pemanggil fungsinya, Contoh :

# Fungsinya
def salam():
   print "Selamat Datang di Indonesia"

# Pemanggilnya
salam()

Maka Hasilnya Akan Seperti ini :

Selamat Datang di Indonesia

Mudah bukan? Sebenarnya masih banyak lagi fungsi yang bisa kita buat, namun rasanya cukup sekian pada kali ini. Itulah pengertian dan fungsi daras python, tertarik ingin mempelajarinya? kamu bisa mempelajarinya pada situs-situs belajar pemrograman online di google. Atau kamu sudah bisa membuat berbagai macam fungsi? coba sertakan dikomentar apa saja yang sudah bisa kamu buat. Happy Programming!

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »